Sabtu, 21 Desember 2013

kuliner khas Betawi

Bertualang di hutan Sangga Buana memang sangat menarik. Apalagi saat ini sudah cukup lengkap fasilitas disana. Apalagi jika bicara mengenai makanan. Daerah kawasan Karang Tengah disana memang kental dengan kebudayaan. Daerah di Jakarta Selatan yang menjadi tempat Sangga Buana terletak hingga ke Cinere, Depok. Tidak hanya keindahan alam, namun juga kuliner khas Betawi yang beragam.
Di daerah Jalan Karang Tengah Raya terdapat rumah makan yang menyuguhkan kuliner khas Betawi. Salah satunya yakni Dapur Betawi. Rumah makan ini terkenal karena menu yang khas seperti gabus pucung, pecak gurame, sayur besan, dan sayur asem betawi.
Tempat makan ini mempunyai dua tempat, di Karang Tengah dan di Jalan Cabe V. Akan tersedia menu seperti Gabus pucung mirip rawon. Dengan kepala, tubuh, dan ekor ikan gabus yang disediakan dengan kuah hitam. Ditampah dengan irisan daun bawang segar, menambah aroma yang nikmat. Ditambah kuah kental yang gurih.
Salah satu hidangan yang paling nikmat yakni pecak gurame. Masakan yang satu ini disajikan yakni gurame goreng kering dengan kuah merah jingga. Rasa pedas yang menyatu dengan siung akar kunci menjadikannya segar. Perpaduan rasa pedas dan asam, juga gurihnya gurame yang digoreng ditambah seporsi nasi.
kuliner khas Betawi
Sayur besan semakin melengkapi masakan ini. Kuah menu ini hampir sama dengan lontong sayur, namun bedanya tidak disajikan dengan lontong ataupun ketupat. Isi sayur ini yakni terubuk, kentang, soun, petai, dan ebi.
Terubuk atau telur tebu merupakan satu keluarga dengan tebu. Disebut sayur besan karena kuliner khas Betawi ini akan dihidangkan saat ada acara resmi seperti kawinan menjamu keluarga mantu. Jadi karena menu ini untuk acara istimewa, rasa dan pengolahannya harus selalu dijaga.

sumber :  http://www.poenta.net/

Tagged:

1 komentar: