Sabtu, 21 Desember 2013

Rawon, Kuliner Khas Jawa Timur

Rawon merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang banyak disukai oleh banyak orang. Makanan ini dapat ditemukan di warung tenda, restoran hingga hotel berbintang di Indonesia, selain itu menu ini menjadi salah satu makanan Indonesia terlezat dalam kuliner dunia.
Salah satu Rawon yang nikmat dapat dijumpai di warung tenda Amanah yang sudah ada sejak tahun 1975. Masakannya kental dengan bumbu lezat, pas menyantapnya dengan nasi ditambah dengan keluwak yang hitam. Irisan-irisan daging sapi menambah kenikmatannya.
Irisan daging sapi empuk dan bumbunya menjadi kelebihan salah satu kuliner khas Jawa Timur itu. Gurihnya daging dengan aroma serai dan beragam bumbu yang meresap. Apalagi ditambah dengan sajian sambal mentah yang pedas. Ditambah dengan taoge segar tawar yang menambah rasa segar pas dengan kuah panasnya.
Masakan ini banyak dikreasikan dengan memakai bumbu alami. Menu ini khas dengan kuah daging yang segar dengan jenis empon-empon atau rimpang, seperti lengkuas, jahe, serai, dan kunyit. Salah satu bumbu yang tidak boleh ketinggalan adalah keluwak (Pangium edule) menjadikan masakan ini dengan kuah yang menghitam.
Salah satu daerah yang mengkreasikan kuliner ini adalah Madura. Di olah tanpa keluwak. Dengan hidangan nasi, kecambah, sambal, dan kerupuk, ditambah dengan menu yang dikreasikan yakni semangkok rawon merah dengan daging dengan gajih, seperti makanan dari Sumenep, masakan ini ditambah daun bawang goreng.
Perbedaan kedua makanan ini terletak di kuahnya yang lebih encer tanpa keluwak. Edi Setiawan, yang menjadi pemilik warung dan budayawan Madura, mengatakan warna merah dalam racikannya tanpa keluwak itu adalah pengaruh kuliner China dengan bahan yang ada.
Rawon memang menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur dengan bumbu yang banyak dikreasikan dari daerah lain seperti Madura tersebut. Bumbunya yang begitu terasa, dengan aroma yang khas dan cita rasa tambahan sambal dan rasa segar dan pedasnya.

sumber :  http://www.poenta.net/

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar