Sabtu, 21 Desember 2013

Kuliner Khas Cirebon, Empal Gentong

Cirebon merupakan kota udang. Namun ternyata kuliner khas Cirebon tidak selalu harus berbahan baku dengan udang. Banyak kuliner yang terkenal dari kota ini dengan bahan utama dari daging. Salah satunya adalah empal gentong.
Siapa yang tidak mengenal kenikmatan empal gentong. Menu ini bahkan menjadi salah satu kuliner khas Cirebon yang banyak difavoritkan para pengunjung yang datang ke kota para wali ini. Di kota ini banyak terlihat warung empal. Kota yang menjadi perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini akan menjual menu ini dari yang sederhana hingga restoran.
Salah satu tempat yang paling terkenal lokasi tempat makannya ada di Jalan Raya Jamblang. Makanan ini dapat anda nikmati di rumah makan Empal Haji Hasan. Di rumah makan yang dimiliki oleh Sukirno ini merupakan rumah makan turun temurun.
Sukirno memaparkan menu ini disajikan dengan bahan pilihan daging sapi dan kambing. Nama menu ini berasal dari nama tempat untuk merebus daging yakni gentong yang terbuat dari tanah liat. Sajian menu ini merupakan kuliner dari daging sapi atau kambing yang disatukan dengan kuah.
Menu ini juga menjadi sajian menu yang banyak disajikan di sepanjang jalur pantai utara dari Indramayu ke Cirebon. Mengenai rasa, daging akan dipotong kecil-kecil, ditambah dengan kunyit. Hal ini dilakukan agar bau daging ditutupi dengan aroma kunyit. Dan benar saja, saat menikmati sajian nikmat dan gurih ini, tidak tercium sama sekali bau amis dari daging walaupun berasal dari daging kambing.
Warung makan ini selalu ramai, saat jam makan siang hingga larut malam. Khususnya jika akan menjelang bulan Ramadhan dan lebaran, warungnya akan banyak didatangi para pemudik atau juga wisatawan di Kota Cirebon untuk menikmati kuliner khas Cirebon ini, Empal Gentong.

sumber :  http://www.poenta.net

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar