Jumat, 06 Desember 2013

13854638091012884324

Kadang aku kehilangan selera makan ketika waktu makan telah datang, padahal aku lapar dan perutku belum berisi alias keroncongan. Berdasarkan pengalaman penyebab terjadinya apabila aku sering minum dan makan makanan yang manis, seperti minum kopi, teh manis, atau makan roti yang mengandung coklat dan mentega.
Salah satu caraku mensiasati kehilangan nafsu makan ini adalah dengan mencoba beralih ke masakan kampung. Masakan tradisional yang tidak menggunakan minyak goreng, bumbu penyedap rasa, kecap, saus. Dalam pengolahannya masakan ini kebanyakan direbus, misalnya  petai, jengkol, terung, buah rimbang, buah pare, daun singkong, daun papaya.
Salah satu masakan tradisional untuk meningkatkan kembali selera makan yang sering kumakan adalah urapan daun papaya. Cara membuatnya rebusan daun pepaya, yang ditumis dan dikasih parutan kelapa, bawang merah dan cabe merah yang digiling, diuleg  disertai sedikit garam. Kalau tidak sempat membuat tumisnya,  aku  rebus dan langsung dimakan dengan nasi, memang terasa agak pahit, tapi khasiatnya lebih bagus. Dalam beberapa jam kemudian nafsu makanku kembali naik, aku bisa makan lima kali dalam satu hari dibuatnya. Wooow mak nyus….

Pilihan lain yang membangkitkan dan meningkatkan kembali selera makanku adalah petai rebus. Tambah ikan asin bakar.
Wooow mak nyus….Enaknya dimakan ketika panas. Kalau sudah dingin nasi dan ikan asin bakarnya kurang nikmat rasanya.

13854644551838602237

Tagged:

1 komentar: