Sabtu, 21 Desember 2013

Rujak Cingur, Jajanan Khas Surabaya, Kuliner Khas Surabaya

Rujak cingur merupakan jajanan khas Surabaya yang segar dan enak. Dengan rasa yang pas dengan bumbu racikan yang cocok menjadi hal penting dalam kuliner khas Surabaya ini. Salah satu tempat makan yang menyajikan penganan ini yakni warung rujak Embong Sawo.
Warung rujak Embong Sawo ini merupakan tempat makan favorit jika ingin mencicipi Rujak Cingur yang segar dan nikmat. Banyak pengunjung dari berbagai kalangan dan tempat kesana hanya ingin menikmati kelezatan bumbu jajanan khas Surabaya.
Walau berganti lokasi, para pengunjung tetap setia ke warung makan yang menyediakan beragam penganan dan kuliner khas Surabaya ini. Nani, pemilik warung rujak ini mengaku sudah lama menjual makanan ini dan tetap mempertahankan kenikmatan bumbunya.
Ciri  khas bumbu rujak ini sudah dipertahankan sejak turun temurun. Dan sejak tahun 1996, Nani membuka warung untuk menjual penganan khas ini. Untuk bahan dasarnya bagian hidung dan mulut sapi ini akan direbus hingga empuk dan digoreng dan pembeli dapat memesan sesuai keinginannya.
Untuk jenis yang siap makan, rujak ini terdiri dari sayuran rebus, tahu dan tempe yang digoreng, mi kuning, cingur goreng, dan krai rebus. Untuk yang campur akan ditambah dengan campuran buah-buahan seperti irisan nanas, bengkuang, mentimun, kedondong, belimbing, dan pencit atau mangga muda.
Ada juga sambal petis, kacang goreng yang dihaluskan dengan parutan pisang klutuk, bawang putih goreng dan garam serta asam matang. Kemudian disatukan dengan petis dan sedikit air. Ada juga jenis lain seperti rujak manis dan rujak tolet.
Sebagai hidangan penutup, disana tersedia beragam minuman seperti es kolak, es jeruk, es degan, dan es teh. Untuk harga seporsi rujak cingur, manis, atau tolet sekitar Rp 17.000.  Jajanan khas Surabaya ini juga biasa dinikmati dengan lontong sebagai pengganti nasi. Setiap harinya kuliner khas Surabaya dapat menghabiskan lima kilo cigur.

sumber :  http://www.poenta.net/

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar