Kamis, 19 Desember 2013



Di tengah hiruk pikuknya Kota Jakarta, tepatnya di bilangan Bek Murad, terdapat satu tempat makan bernama Java Wok, yang bentuknya cukup menarik perhatian. Berupa rumah panggung khas Jawa, dengan hiasan dinding dan perabotan yang juga tradisional.

Saat Anda masuk, pilihan menu makanan yang ditawarkan pun tak jauh dari kesan Jawa. Java Wok seolah ingin mengobati kerinduan para pencinta hidangan Jawa, terutama Jawa Tengah, akan cita rasa masakan kampung halamannya. Seluruh masakan umumnya bercita rasa manis khas Jawa Tengah. Masing-masing diletakkan di atas kuali yang terbuat dari tanah liat, dan dipanaskan di atas sebuah anglo berbahan bakar arang.

Satu yang paling top di antara deretan masakannya adalah Cumi Asin Cabe Ijo. Cumi-cumi yang digunakan di sini adalah cumi cendol. Ukurannya sama dengan besar tiga ruas jari orang dewasa. Ditumis bersama potongan cabai hijau dan cabai merah besar serta irisan bawang putih. Cita rasa asinnya dinetralisasi oleh siraman kecap manis.

Selain Cumi Asin Cabe Ijo, menu andalan lainnya adalah Kikil Manis. Cita rasa kikilnya mantap. Gurih, manis, dan pedas menjadi satu. Sebelum ditumis dengan irisan cabai merah dan siraman kecap manis, kikil direbus terlebih dulu hingga empuk. Makanya, teksturnya jadi sangat empuk saat digigit. Sebuah sajian yang mampu menggoyang lidah. Apalagi, jika disantap dengan nasi merah atau nasi putih yang masih hangat.

Ingin yang pedasnya nendang? Anda bisa mencicipi Sambal Udang. Tapi, hati-hati saat menyantapnya! Pedasnya benar-benar membakar lidah. Whuaah... pedese poll! Jadi, jangan tertipu oleh tampilan udang utuh yang terselip di antara merahnya cabai yang memukau mata. (CW)

Lokasi: Jl. Bek Murad No. 62, Karet, Jakarta Selatan. Telp: (021) 52905103. Harga*): Makanan: Rp1.500 – Rp20.500 (+PB1 10%), Sambal: Rp2.500 – Rp9.000/cobek, Minuman: Rp5.000 – Rp17.500. Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB. Suasana: Rumah makan panggung bernuansa kayu yang nyaman untuk bersantap.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar